LG memperkenalkan ponsel qwerty seri LG

Minggu, 5 September 2010 | 16:18 WIB
LG
LG Wink C100, C305, dan GT350i (dari kiri ke kanan).
JAKARTA,  LG Mobile Communications Indonesia tak mau ketinggalan di pasar ponsel. Kamis (2/9/2010) lalu, LG memperkenalkan ponsel qwerty seri LG Wink. Seri ini hadir dalam tiga varian, yakni C100, C305, dan GT350i. Ketiga varian ini akan hadir di pasar pertengahan bulan ini.

Tommy Tjahjono, Kepala Penjualan Divisi Mobile Communication PT LG Electronics Indonesia mengatakan, seri LG Wink merupakan produk baru kesembilan yang meluncur tahun ini. "Hingga akhir tahun nanti, ada sekitar enam sampai 10 produk baru lagi yang akan rilis," ujar Tommy kepada Kontan.
Seri-seri LG yang sudah meluncur sebelumnya misal; GW300, GW305, dan GW525. Tommy mengakui, persaingan yang ketat di industri ponsel menyebabkan masing-masing vendor aktif merilis produk baru dengan harga kompetitif. Tak ayal, LG pun merilis produk baru dengan harga mulai Rp 229.000 per unit hingga Rp 3,69 juta per unit.

Menurut data Growth from Knowledge (GfK), saat ini LG masih mencicipi 2,6 persen dari industri ponsel. "Kami melihat potensi masih sangat besar sekali, tapi kami baru berani menargetkan posisi dan pangsa pasar tahun depan," lanjut Tommy.

Selain bersaing dari segi harga dan model, para vendor juga bersaing merebut hati konsumen lewat fitur situs jejaring sosial. Mewabahnya situs jejaring sosial bikin LG gencar merilis ponsel yang mendukung akses tersebut, termasuk LG Wink. Ponsel ini memungkinkan pengguna berkirim pesan dan mengakses situs jejaring sosial dengan lebih mudah dan menyenangkan.

LG Wink berasal dari kata wink yang berarti kedipan mata. Ikon ini biasa digunakan generasi muda untuk mewakili keterbatasan kata-kata dalam ponsel. "Dengan kata lain, ponsel LG Wink juga mencoba menembus keterbatasan ponsel qwerty dalam hal desain, fitur, dan harga," ujar Tommy.

LG Wink C100 merupakan ponsel qwerty dengan layar melebar vertikal seluas 2,2 inci. Layar vertikal ini bertujuan memberi kenyamanan bagi pengguna ponsel dalam berselancar di dunia maya. Ponsel ini memiliki dimensi 114,5x59,6x13 mm sehingga memungkinkan pengguna menggenggam dalam satu tangan.

LG Mobile telah mengembangkan fitur widget yang berfungsi memudahkan pengguna dalam mengakses Twitter dan Facebook. C100 memiliki kamera 1.3 MP dan FM radio. Untuk konektivitas, C100 dilengkapi dengan bluetooth dan soket 3,5 mm yang bisa disambungkan dengan perangkat audio pendukung. LG membanderol C100 seharga Rp 799.000 per unit.

Adapun LG Wink Wifi C305 merupakan ponsel berdimensi 116x61,9x11,9 mm yang dapat digenggam dalam satu tangan dan ditaruh di saku. Serupa dengan C100, C305 juga didukung oleh piranti yang memudahkan pengguna mengakses jejaring sosial serta aktivitas pendukung lainnya seperti mengunggah foto. LG mematok C305 seharga Rp 1,09 juta per unit.

Yang terakhir, LG Wink Plus GT350i merupakan ponsel full touch screen yang tampil minimalis dalam tombol. Ponsel ini hanya memiliki tiga buah tombol di bawah layar selebar 3 inci. Ponsel berdimensi 107,5x52,5x15,9 mm ini juga dilengkapi dengan keyboard geser qwerty.

LG Wink Plus GT350i ini juga dilengkapi dengan threaded SMS yang dapat mengubah tampilan SMS menjadi chatting melalui fasilitas pesan instan. Setiap pesan yang masuk juga akan disertai dengan foto pengirim agar pengguna merasa seperti berbicara langsung dengan lawan bicaranya. Ponsel ini dibanderol seharga Rp 1,69 juta per unit. Richard memastikan, meski harga terjangkau, namun LG menjamin layanan purna jual terbaik bagi ketiga varian Seri LG Wink ini

(Sumber: Kompas)