Semakin Pintar, Robot Bisa Membaca Buku

Jakarta - Robot akan semakin pintar saja. Tiga ilmuwan dari tiga universitas terkemuka di dunia mengembangkan jenis robot baru yang khusus diciptakan agar bisa bisa membaca dan memahaminya.

Dilansir situs Daily Mail dan dikutip detikINET, Selasa (30/11/2010), robot bernama Marge yang diciptakan para ilmuwan itu dilengkapi software Optical Character Recognition (OCR) canggih.

Mereka menyebutkan, pengembangan robot seperti ini relatif mudah karena kini sudah banyak komputer yang dapat mengubah buku hasil pindaian ke dalam bentuk teks.



Prototipe awal robot Marge dilengkapi juga dengan fitur pengecek ejaan dan kamus, sehingga si robot dapat menerjemahkan teks yang kurang jelas. Para pengembangnya berharap, teknologi ini dapat membantu operasional tindak penyelamatan dan bisa bekerja maksimal ketika membaca simbol dan petunjuk dalam sebuah gedung.

"Dengan membaca tanda pada pintu tertutup misalnya, Anda terkadang menemukan petunjuk apa yang mungkin bisa ditemukan di dalamnya. Membaca dapat membantu Anda mendeteksi hal yang tidak dapat dilihat langsung. Kemampuan seperti ini pada robot adalah langkah awal yang signifikan," kata Ingmar Posner, ahli robot dari Oxford University yang memimpin proyek ini.

Bersama rekannya, Peter Corke dari Queensland University of Technology di Australia, dan Gregory Dudek dari McGill University di Montreal, Kanada, Posner berharap prototipe robot Marge bisa segera rampung dan bisa sangat bermanfaat di masa depan.

(Sumber: Detikinet)