INTERNET INDOSAT LELET, JARINGAN LAGI DIMODERNISASI (Detik.com- Jakarta) - Tersendatnya layanan internet Indosat ternyata sebagai imbas dari proses modernisasi jaringan yang tengah dilakukan anak usaha Ooredoo tersebut.Menurut penjelasan Adrian Prasanto, Division Head Public Relation Indosat, pihaknya saat ini tengah melakukan modernisasi jaringan UMTS 900 MHz (U900) di wilayah Jabodetabek.

"Selama masa pergantian perangkat yang lama ke baru, ada sedikit drop. Tetapi harusnya gak banyak (masalahnya)," tutur Pras -- sapaan akrabnya saat dikonfirmasi detikINET, Kamis (13/2/2014).
Lebih lanjut, Pras menambahkan, proses modernisasi jaringan tak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Sebab ada sejumlah proses yang harus dilalui.
Mulai dari mengganti perangkat, melakukan setting, uji coba, serta fine tunning. Imbas lainnya yaitu layanan yang sedikit drop.
"Namun itu hanya sementara. Paling tidak sampai minggu kedua-ketiga Maret sudah selesai di Jabodetabek. Setelah selesai harapannya kualitas layanan Indosat di U900 jadi lebih baik lagi," Pras melanjutkan.

Teknologi UMTS 900 MHz diklaim memberikan kemudahan bagi pelanggan karena menggunakan teknologi yang sama dengan UMTS 2100 MHz seperti layanan 3G yang sudah dinikmati saat ini.
Namun dengan frekuensi yang jauh lebih rendah, U900 akan memberikan kualitas sinyal yang jauh lebih kuat sehingga akan meningkatkan kualitas layanan serta akan menjangkau pelanggan sampai ke area yang sebelumnya tidak terjangkau oleh layanan U2100.
"Alhasil U900 Indosat akan membuat pemakaian data lebih optimal, penetrasi indoor lebih luas, jumping antara 2G ke 3G lebih kecil. Ujung-ujungnya bisa membuat baterai ponsel jadi lebih hemat," pungkas Pras.