Menciptakan Kulit Berkilau

Kulit Lebih Kinclong Berkat Buah-buahan
Tahukah Anda bahwa kebiasaan mengonsumi buah-buahan dan sayur sebenarnya menghasilkan keuntungan ganda, baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit?
Para peneliti dari University of Bristol menemukan bahwa karotenoid atau senyawa antiokisan kuning dan merah memegang peranan penting untuk Menciptakan Kulit Berkilau. Dalam laporan yang dimuat dalam jurnal Evolution and Human Behaviour, mereka menyebutkan bahwa orang yang memiliki kulit berkilau (glowing) biasanya memiliki kadar karotenoid cukup tinggi dalam tubuhnya.

Karotenoid bisa kita temukan dalam buah-buahan dan sayuran seperti paprika, bayam, mangga, labu, jagung, aprikot, tomat serta melon.
"Buah berwarna pekat, seperti tomat, wortel, atau moleon mengandung antioksidan yang kuat seperti karotenoid yang bisa membuat kulit tampak berkilau dan sehat. Antioksidan ini juga bisa melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari," kata ahli nutrisi Paula Simpson.
Ketua peneliti, Dr.Ian Stephen mengatakan, orang-orang di negara Barat bisanya melakukan kegiatan berjemur untuk mendapatkan warna kulit tan. Padahal dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya karotenoid, hasilnya bisa sama.
Ia menjelaskan, buah dan sayuran sarat akan sinergi nutrien, enzim dan antioksidan yang mendorong produksi sel kulit baru yang lebih sehat. "Sel kulit yang baru dihasilkan setiap lima minggu dan melambat seiring dengan usia. Bila kita rajin mengonsumsi nutrisi yang tepat, sel-sel kulit akan menjadi lebih sehat," katanya.
Stephen mencontohkan, warna-warna terang dan sehat pada bulu burung jantan juga berasal dari antioksidan karotenoid yang sama yang terdapat pada buah-buahan.

(Sumber: Kompas)