'Bapak Java' Bergabung ke Google


James Gosling (ist)
Jakarta - James Gosling, sang arsitek bahasa pemrograman Java mengumumkan bahwa dirinya telah bergabung dengan raksasa internet Google. Hal ini dia umumkan sendiri melalui blog pribadinya.
"Saya mulai bekerja di Google hari ini. Salah satu hal terberat dalam hidup adalah membuat keputusan. Saya sebelumnya telah menolak beberapa kemungkinan yang bagus," tulis Gosling, dilansir PCMag dan dikutip detikINET, Selasa (29/3/2011).
Hanya saja Gosling tidak menyebutkan secara jelas apa posisinya di Google. Sebelumnya, Gosling memutuskan keluar dari tempat lamanya di perusahaan Oracle. Konon, ini dilatarbelakangi kekecewaan karena Sun Microsystem dibeli oleh Oracle.

Gosling sendiri mempelopori Java pada awal tahun 1990an. Sun Microsystem, tempat Gosling bekerja kala itu, kemudian menggeber layanan teknologi Java sejak tahun 1995. Namun kemudian, Sun diakuisisi oleh Oracle pada tahun 2010.
Di Oracle, Gosling bekerja sebagai Chief Technology Officer, posisi yang sama ketika ia bekerja pada Sun Microsystem. Tidak berapa lama, ia memutuskan hengkang sebelum akhirnya kini bergabung dengan Google.


(Sumber: Detikinet)