BMKG prakirakan puting beliung kawasan barat RI

BMKG prakirakan puting beliung kawasan barat RI. Jakarta (ANTARANews,Sabtu, 10 Maret 2012) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprakirakan angin puting beliung berpotensi terjadi di kawasan barat hingga tengah Indonesia.
"Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir, angin kencang, dan puting beliung berada di Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Bengkulu, Jabodetabek, dan Banten barat hingga selatan, serta Jawa Barat selatan, Jawa Tengah selatan, dan Jawa Timur selatan," demikian BMKG dalam lamannya, Sabtu.
BMKG juga menyebutkan wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur hingga ke Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara utara, Sulawesi Selatan bagian utara hingga Maluku juga berpotensi terjadi puting beliung serta hujan lebat.

Hal itu diprakirakan terjadi akibat tekanan rendah yang terbentuk di Samudera Hindia bagian barat daya Indonesia hingga selatan Jawa.
"Adanya daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah barat daya Sumatera dan selatan Jawa membentuk pumpunan angin memanjang dari barat laut Jawa hingga perairan Selatan Nusa Tenggara," nyata badan tersebut.
Untuk potensi hujan lebat, BMKG menjelaskan dapat terjadi di Aceh utara, Kalimantan Timur utara dan timur dan Kalimantan Selatan.
"Untuk wilayah timur berada di Maluku Utara bagian selatan, Papua Barat bagian selatan dan Papua bagian tengah serta selatan," jelas BMKG.

Gelombang tinggi
BMKG dalam lamannya juga memperingatkan adanya gelombang besar dengan ketinggian bervariasi di setiap daerah Indonesia.
Untuk gelombang 2-3 meter berpeluang terjadi di Perairan Kepulauan Nias, Perairan selatan Lombok, Selat Makassar selatan, Laut Sulawesi timur, Perairan Bitung hingga Manado.
"Gelombang 2-3 meter di wilayah timur berpeluang di Laut Maluku utara, Laut Halmahera, Perairan utara Papua dan Perairan Filipina," jelas BMKG.
Selain itu BMKG juga memperkirakan gelombang 3-4 meter berpeluang terjadi di Perairan Bengkulu, Perairan selatan Jawa Tengah hingga Bali, Perairan Kepulauan Sangihe dan Talaud, Perairan utara Pulau Halmahera dan Samudera Pasifik di utara Papua.
"Tinggi gelombang 4-5 meter juga berpeluang terjadi di Perairan Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Banten hingga Jawa Barat dan Samudera Hindia di selatan Jawa Tengah," jelas BMKG.