Cara Melenturkan Tubuh Dalam Lima Menit

Cara Melenturkan Tubuh Dalam Lima Menit. Jakarta(Detikhealth), Ketika berada pada posisi tertentu dalam waku yang lama, tubuh dapat terasa menjadi lebih kaku. Ketika bekerja, seringkali menyebabkan banyak orang berada pada posisi duduk dalam waktu yang lama. Sehingga ketika akan beranjak dari tempat duduk tubuh terasa lebih berat dan kaku.
Kira-kira bagaimana cara untuk melenturkan badan dalam waktu yang singkat?
Berikut beberapa cara peregangan agar badan dapat lentur dalam waktu yang singkat seperti dikutip dari Health, Jumat (24/2/2012) antara lain:

1. Yoga untuk peregangan
Beberapa gerakan yoga dapat melenturkan tubuh. Dengan melakukan beberapa gerakan yoga dalam beberapa menit saja, akan sudah dapat membuat tubuh menjadi lebih lentur.


2. Gerakan triangle
Peregangan pada paha belakang dan otot tulang belakang yang mendukung, dapat meningkatkan mobilitas di bahu. Berdiri dengan merentangkan kedua kaki dan membukukkan badan sambil tarik napas dapat membuat tubuh lebih lentur dalam beberapa saat saja.

3. Peregangan pada pinggang, tangan sekaligus kaki
Peregangan pada pinggang, tangan, dan kaki dapat dilakukan sekaligus. Berdiri dengan merentangkan kedua kaki, kemudian membungkukkan badan sambil menggerakkan salah satu tangan ke atas dan salah satu tangan ke bawah dapat membuat tubuh lebih lentur.

4. Posisi belakang
Meningkatkan fleksibilitas tulang belakang, memperkuat otot punggung, bahu terbuka, dapat merangsang sistem saraf pusat. Berbaringlah telungkup dengan kening di lantai, kaki lurus, lengan di samping, telapak tangan ke atas. Tarik napas, kepala, tubuh bagian atas, lengan, dan kaki diangkat dari lantai. Tahan, lalu perlahan-lahan menurunkan kembali ke bawah.

5. Badan ditekuk ke depan
Meregangkan paha belakang dan otot punggung dapat menenangkan sistem saraf. Duduk dilantai atau matras dengan kedua kaki diluruskan ke depan, kemudian membungkukkan badan sambil tarik napas dapat merilekskan otot-otot yang tegang dan kaku.