Naskah Soal UN Pendistribusian Dikawal Polisi.

Naskah Soal UN Pendistribusian Dikawal Polisi. (JAKARTA, KOMPAS.com) -- Pendistribusian naskah soal ujian nasional (UN) SMA/SMALB/SMK/MA dan Paket C mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian. Keterlibatan polisi untuk menjamin dokumen negara yang sangat rahasia ini juga dilakukan dari pendistribusian percetkan ke perguruan tinggi hingga rayon. Seperti terlihat di Universitas Pancasila, Jakarta, Sabtu (13/4/2013), polisi bersenjata laras panjang dari wilayah Jawa Timur ikut serta mengiringi pengantaran naskah soal UN dari percetakan Temprina, Surabaya ke wilayah DKI Jakarta.Di wilyah Jakarta, polisi dari Polda Jaya mengawal ketat pendisribusian ke semua wilayah DKI Jakarta.
Pembukaan segel di pintu belakang mobil box berukuran besar dilakukan oleh polisi. Adapun pembukaan kunci mobil box yang berisi naskah soal UN dilakukan pihak Universitas Pancasila. Selanjutnya, pihak Universitas Pancasila menyerahkan naskah soal ke panitia rayon di wilayah Jakarta Selatan.
Untuk pengiriman naksah ke tingkat rayon ini, selain didampingi panitia rayon, lagi-lagi polisi mengawal. Di tingkat rayon, penjagaan soal dilakukan secara bergantian oleh panitia dari rayon dan dinas pendidikan setempat. Polisi juga ikut menjaga naskah soal di tingkat rayon.
Kehadiran polisi dalam pendistribusian soal UN mulai dari percetakan hingga rayon dan sekolah ini untuk menjamin tidak terjadi kebocoran naskah soal UN. Sebab, naskah UN merupakan dokumen negara yang sangat rahasia.