Pemutusan Hubungan Kerja Ribuan Karyawan Nokia

Pemutuhan Hubungan Kerja Ribuan Karyawan Nokia pelosok dunia termasuk jerman finlandiaPemutusan Hubungan Kerja Ribuan Karyawan Nokia (Detik,Jakarta) - Nokia berencana untuk melakukan PHK terhadap ribuan karyawannya yang tersebar di seluruh pelosok dunia, termasuk 1.400 orang di Jerman dan 1.300 orang di Finlandia, negeri asalnya.
Pemutusan Hubungan Kerja ini dilakukan sebagai bagian dari program pengurangan biaya produksi nokia, yang dilakukan Nokia setelah mengakuisisi Alcatel-Lucent, dikutip  detikinet dari Reuters, Jumat (8/4/2016).
Pihak Nokia enggan menyebutkan jumlah total karyawan yang akan terkena PHK secara global. Mereka hanya menyebut akan memulai diskusi dengan para perwakilan karyawannya di 30 negara.
Secara keseluruhan, Nokia mempekerjakan 104 ribu orang di seluruh dunia, dengan sekitar 6.850 orang di Finlandia, 4.800 di Jerman dan 4.200 di Perancis.
Sebelumnya Nokia pun sudah pernah melakukan PHK terhadap ribuan karyawannya, sebagai dampak dari meredupnya bisnis ponsel Nokia yang kalah saing dari sejumlah vendor ponsel lain. Bisnis ponsel Nokia ini kemudian dijual ke Microsoft, yang kemudian juga melakukan pengurangan jumlah karyawan.
Semenjak mengalihkan fokus ke peralatan jaringan telekomunikasi, Nokia akan mengurangi biaya operasionalnya menjadi USD 1,03 miliar pada 2018, setelah mereka mengakuisisi Alcatel-Lucent senilai USD 17,7 miliar.
Akuisisi ini diharapkan bisa membantu Nokia untuk melawan kompetitornya di bisnis peralatan jaringan telekomunikasi, yaitu Ericsson dan Huawei. Bisnis ini dikenal mempunyai pertumbuhan yang terbatas dan kompetisi yang sangat ketat.

(Sumber:detik)