Kesempatan Menjadi Kadet Akademi Angkatan Laut

Kesempatan Menjadi Kadet Akademi Angkatan Laut.(AAL)-Akademi  Angkatan Laut,- Sekarang ini TNI AL memberi kesempatan kepada para pemuda Indonesia terbaik untuk dididik menjadi Kadet Akademi Angkatan Laut. Selama proses, mulai dari pendaftaran, seleksi, pengumuman, pendidikan sampai dilantik menjadi seorang perwira, tidak dikenakan biaya apapun, ujar Gubernur AAL Laksda TNI Agus Purwoto. Orang nomor satu di AAL ini menepis dan menjawab isu yang beredar di masyarakat, dan pertanyaan yang ada di internet bahwa untuk menjadi perwira TNI AL harus punya koneksi, kenalan, menyiapkan uang yang banyak untuk lulus.
“ Itu semua tidak benar, dan itu hanya ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. Kalau ada yang berbuat seperti itu, segera laporkan langsung ke kantor TNI AL yang terdekat. TNI AL mencari calon perwira yang benar-benar berbobot, dan itu bisa didapatkan kalau rekrutmen awal mempunyai komitmen yang baik dan seleksi yang ketat tanpa ada lagi itu prioritas anaknya siapa, darimana, dan lain sebagainya “, tambah orang nomor satu di AAL ini.
Sebagai lembaga pendidikan pertama khusus perwira, Akademi Angkatan Laut (AAL) akan menerima para calon kadet tahun akademik 2012, yang memenuhi syarat dan berhasil lulus tes seleksi.  Hal tersebut berdasarkan surat telegram Kasal no.019/SPER/0212 TWU 0217.1030, bahwa TNI AL memberi  kesempatan kepada para pemuda untuk dididik menjadi Kadet AAL tahun 2012 dengan beberapa persyaratan umum, antara lain WNI, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945, tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan Polres setempat, sehat jasmani dan rohani, tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
Selain persyaratan umum ada persyaratan lain bagi calon kadet, yakni pria, berijazah SMA/MA jurusan IPA bukan paket C, rata-rata nilai UAN tidak kurang dari 6,50 dan tidak ada nilai kurang dari 6,00, kelas dua belas dengan nilai rata-rata raport semester satu tidak kurang dari 7,50 dan terdaftar sebagai peserta Unas, belum menikah, dan bersedia tidak menikah selama mengikuti Dikma, tinggi badan minimal 167 cm dengan berat badan seimbang, berusia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun pada tanggal 1 Agustus 2012, serta menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama sepuluh tahun mulai saat dilantik menjadi Letda. Kemudian ada persyaratan tambahan bagi calon pendaftar, yaitu bukan prajurit TNI, anggota Polri maupun PNS, tidak bertato dan bertindik maupun bekasnya, tidak buta warna dan tidak berkacamata, memiliki KTP dan Kartu Keluarga sesuai dengan tempat pendaftaran terdekat, dan tidak diperbolehkan mendaftar lebih dari satu tempat.
Terkait pendaftaran, panitia membuka pendaftaran dari tanggal 16 April sampai dengan 4 Mei 2012. Calon pendaftar dapat mendaftar melalui internet di alamat www.rekrutmen-tni.ilmci.com, dengan mengisi formulir pendaftaran, atau langsung mendaftar secara fisik dengan membawa cetakan formulir pendaftaran dan berkas asli  berupa akte kelahiran, ijazah, daftar nilai UAN, dua lembar pasphoto hitam putih terbaru ukuran 4x6, satu lembar ukuran 3x4, KTP calon pendaftar dan orang tua, KTP wali bagi yang tidak tinggal bersama orang tua, kemudian kartu keluarga, fotocopy berkas asli masing-masing satu lembar, serta dua buah map warna abu-abu.
Untuk tempat pendaftaran, calon pendaftar dapat mendaftarkan diri di pangkalan utama TNI AL (Lantamal) yang berada di wilayah barat dan timur Indonesia, serta beberapa lanal antara lain Lanal Mataram, Lanal Balikpapan, Lanal Palembang, Lanal Cirebon, Lanal Yogyakarta, Lanal Semarang, Kantor Perwakilan Lapetal Jakarta dan Malang, serta SMA Taruna Nusantara Magelang (khusus siswa SMA TN).
Menurut rencana usai pendaftaran akan dilanjutkan dengan seleksi tingkat daerah yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Mei sampai dengan 17 Juni 2012 untuk panitia daerah, subpanda lantamal/lanal. Sedangkan seleksi tingkat pusat calon kadet AAL akan dilaksanakan tanggal 9 sampai dengan 17 Juli 2012. Dalam seleksi tingkat  pusat akan dilaksanakan beberapa pemeriksaan, meliputi pemeriksaan psikologi, kesehatan umum, darah, jasmani, uji akademik, administrasi, dan yang terakhir sidang panitia penentuan akhir (pantukhir).
















(Sumber:AAL0