Kenaikan Tingkat dan Pangkat Taruna AAL

Kenaikan Tingkat dan Pangkat Taruna AAL. Akademi Angkatan Laut,- Sebanyak 195 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 59  dan  60 dinaikkan pangkat dan tingkat, satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya. Mereka terdiri dari 99 Taruna AAL tingkat III dengan pangkat Sermadatar dinaikkan menjadi tingkat IV dengan pangkat Sermatutar dan 96 Taruna AAL tingkat II dengan pangkat Sertar menjadi tingkat III dengan pangkat Sermadatar.  Upacara Kenaikan Pangkat dan Tingkat Taruna AAL ini, dilaksanakan di Lapangan Arafuru AAL, Bumimoro, Surabaya, Selasa (16/7) dipimpin Wakil Gubernur AAL Laksamana Pertama TNI A. Taufiqoerrochman yang disaksikan Seklem AAL Kolonel Marinir R.M. Trusono, S.Mn, beserta para peserta upacara yang terdiri dari para pejabat teras AAL, para Perwira serta Taruna AAL.
Selain upacara kenaikan pangkat dan tingkat, disematkan pula Bintang Penghargaan Ati Tanggap (Akademik), Tanggon Kosala (Kepribadian) dan Dira Trengginas (Kesamaptaan) berupa emas, perak dan perunggu kepada Taruna AAL masing-masing Korps. Sedangkan penghargaan Tri Sakti Wiratama untuk Taruna tingkat IV diberikan kepada Sermatutar (E) Randika Pratama (emas), Sermatutar (P) Egistya Pranda (perak) dan Sermatutar (T) Riza Ananta (perunggu). Sementara untuk tingkat III, emas diraih Sermadatar (M) Sofi Rahmadani, perak diraih Sermadatar (T) Furqon Mahmuda Pasa dan Sermadatar (P) Imam Agung Prabowo memperoleh medali perunggu.
Gubernur AAL Laksamana Muda TNI I.N.G.N Ary Atmaja, SE dalam sambutan yang dibacakan Wakil Gubernur AAL Laksamana Pertama TNI A. Taufiqoerrochman mengatakan bahwa kenaikan pangkat dan penyematan bintang penghargaan kepada taruna AAL merupakan wujud penghargaan dari pemimpin kepada para taruna yang telah memenuhi standar persyaratan dalam bidang akademik, kesehatan, kesamaptaan jasmani, serta kepribadian setelah melalui proses penilaian dan pengamatan obyektif, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan melalui sidang dewan akademi. Hal ini membuktikan para taruna benar-benar rajin, tekun, memiliki semangat dan motivasi tinggi, serta disiplin dalam proses belajar dan berlatih, sehingga layak untuk naik pangkat satu tingkat.
Lebih lanjut disampaikan agar momen kenaikan pangkat ini, hendaknya disyukuri bukan hanya secara lisan tetapi harus diimplementasikan dan ditampilkan dalam wujud belajar maupun berlatih yang semakin giat dan bersemangat lagi, selama menempuh pendidikan di AAL sampai lulus menjadi Letnan Dua.
Dari 100 taruna AAL tingkat IV Angkatan 59 yang dinyatakan lulus adalah 99, sedangkan 1 taruna harus mengalami penundaan kenaikan pangkat dan tingkat selama 3 bulan. Sementara dari 100 taruna tingkat III angkatan 60, 96 taruna dinyatakan lulus,  2 taruna harus mengalami penundaan kenaikan pangkat dan tingkat selama 3 bulan sedangkan 2 lainnya dinyatakan tidak naik tingkat dan pangkat.
“Jangan menyerah dan berkecil hati,” ujar Gubernur AAL Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, SE memberikan motivasi kepada taruna AAL yang belum berhasil. Tidak ada seorangpun yang menginginkan sebuah kegagalan dalam hidupnya. Hendaknya disadari bahwa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Hal itu harus dilewati apabila ingin menggapai keberhasilan, tambah orang nomor satu di AAL ini.

(Sumber: AAL)